Pengaruh Receivable Turnover (RTO) dan Inventroy Turnover (ITO) terhadap Working Capital pada perusahaan sektor Trade Service And Invesment yang terdaftar di Indek Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Multi Indocitra, Tbk Periode 2009-2018

Fatmonasari, Eka (2020) Pengaruh Receivable Turnover (RTO) dan Inventroy Turnover (ITO) terhadap Working Capital pada perusahaan sektor Trade Service And Invesment yang terdaftar di Indek Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Multi Indocitra, Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Working Capital atau modal kerja merupakan jumlah dana yang di pakai untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan dan untuk menghasilkan pendapatan. Investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan diharapkan dapat dikembali dalam waktu singkat sehingga dapat di pergunakaan kembali untuk kegiatan usaha. Permasalahan timbul ketika tingkat perputaran yang dihasilkan tinggi, tetapi jumlah modal yang dihasilkan rendah ataupun sebaliknya, seperti terjadi pada PT. Multi Indocitra, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Receivable Turnover dan Inventory Turnover terhadap Working Capital secara parsial dan simultan pada PT. Multi Indocitra, Tbk Periode 2009-2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Receivable Turnover, Inventory Turnover, dan Working Capital. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Multi Indocitra Tbk, Periode 2009-2018 melalu website resminya www.mic.co.id. Teknik penulisan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji, normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolineritas dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi). Untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f, pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS For Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan Hasil penelitian ini membuktikan secara parsial Receivable Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Working Capital dengan korelasi sedang yaitu - 0,561 dan arah hubungan yang negatif, Kd sebesar 31,5%, nilai thitung < ttabel (- 1,918 < 2,306), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara parsial Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Working Capital dengan korelasi kuat yaitu - 0,691 dan arah hubungan yang negatif, Kd sebesar 47,7%, nilai thitung < ttabel (-2,701 < 2,306), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan secara simultan Receivable Turnover dan Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Working Capital pada PT.Multi Indocitra, Tbk dengan korelasi kuat yaitu 0,694 dan arah hubungan yang positif, Kd sebesar 48,2%, nilai Fhitung dan Ftabel yaitu (3,258 < 4,74), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Receivable Turnover; Inventory Turnover; Working Capital
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Eka Fatmonasari
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:03
Last Modified: 08 Jul 2020 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31620

Actions (login required)

View Item View Item