Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren

Prayoga, Ari and Irawan, Irawan and Rusdiana, A. (2020) Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren. Al-Hikmah Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 2 (1). pp. 77-86. ISSN 2685-4139

[img]
Preview
Text
15-a-KARAKTERISTIK_PROGRAM_KURIKULUM_PONDOK_PESANTREN.pdf

Download (517kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/is...

Abstract

Program kurikulum belum teradministrasi secara rapi dalam bentuk arsip dokumen pesantren. Pedoman administrasi dokumen pesantren masih belum dimiliki oleh pengurus pesantren bidang kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap karakteristik program kurikulum meliputi; tujuan, susunan program, tipologi, implementasi dan evaluasi kurikulum di pondok pesantren salaf Al-Muawanah Cileunyi, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan pimpinan pesantren, ustadz dan santri, obervasi meliputi kegiatan pembelajaran, rapat ustadz bersama kiai dan dokumentasi program kurikulum, proses pembelajaran. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama,tujuan dari program kurikulum yaitu meningkatkan kemampuan santri dalam keilmuan dan keislaman; kedua, program kurikulum meliputi kegiatan pembelajaran santri, pesantren kilat bersama masyarakat ketiga, proses pembelajaran menggunakan metode bandongan dan arogan; keempat, evaluasi pembelajaran melalui tes tertulis dan lisan; kelima, tipologi pesantren yaitu salafiyah.

Item Type: Article
Subjects: Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 04 Jul 2020 14:25
Last Modified: 04 Jul 2020 14:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item View Item