Akmaluddin, Akmaluddin (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur'an dalam konsep sistem reproduksi pada manusia untuk siswa SMP Kelas IX. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (785kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar berupa modul yang mengkaitkan materi sistem reproduksi dengan keterangan ayat Al-Qur’an, maka dikembangkan modul berbasis karakter Al-Qur’an dalam Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penyusunan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an dalam konsep sistem reproduksi manusia, mendeskripsikan hasil uji validasi bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang meliputi tahap define, design, dan develop, instrumen penelitian yang digunakan yaitu bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an, angket validasi bahan ajar, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an yang dikembangkan dikategorikan valid dengan penilaian 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran dengan rata-rata nilai 82%. Uji coba terbatas yang dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar memiliki nilai 77% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis karakter Al-Quran dalam konsep sistem reproduksi pada manusia valid sehingga layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Karakter; Al-Qur’an; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Akmaluddin Akmaluddin |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 06:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 06:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31668 |
Actions (login required)
View Item |