Pengembangan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur'an dalam konsep sistem reproduksi pada manusia untuk siswa SMP Kelas IX

Akmaluddin, Akmaluddin (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur'an dalam konsep sistem reproduksi pada manusia untuk siswa SMP Kelas IX. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar berupa modul yang mengkaitkan materi sistem reproduksi dengan keterangan ayat Al-Qur’an, maka dikembangkan modul berbasis karakter Al-Qur’an dalam Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penyusunan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an dalam konsep sistem reproduksi manusia, mendeskripsikan hasil uji validasi bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang meliputi tahap define, design, dan develop, instrumen penelitian yang digunakan yaitu bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an, angket validasi bahan ajar, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar berbasis karakter Al-Qur’an yang dikembangkan dikategorikan valid dengan penilaian 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran dengan rata-rata nilai 82%. Uji coba terbatas yang dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar memiliki nilai 77% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis karakter Al-Quran dalam konsep sistem reproduksi pada manusia valid sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Karakter; Al-Qur’an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Akmaluddin Akmaluddin
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:00
Last Modified: 07 Jul 2020 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item