Pengembangan Model Pendidikan Nilai-nilai Keberagamaan dalam Membina Kepribadian Sehat

Dewi Sadiah, Dewi (2011) Pengembangan Model Pendidikan Nilai-nilai Keberagamaan dalam Membina Kepribadian Sehat. In: Icon Imad III. (Unpublished)

[img] Text
Prosiding ICON IMAD III.docx

Download (90kB)

Abstract

Abstrak Pendidikan nilai sebagai pengajaran atau bimbingan kepada siswa agar menyadari nilai kebenaran, kebaikan, dan keindahan, melalui proses pertimbangan nilai yang tepat dan pembiasaan bertindak secara konsisten. Maka proses pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar memerlukan berbagai metode melalui keteladanan, mauidhah hasanah atau nasihat yang baik dan santun, perhatian penuh kasih sayang, dan riyadhah melalui pembiasaan. Hal ini, dilengkapi dengan kurikulum Darul Arqam yang “berimbang” dan “terpadu” antara pelajaran agama dengan pelajaran umum. Adapun tujuan yang diharapkan guru searah dengan visi dan misi Madrasah Aliyah Darul Arqam yang dilengkapi dengan kegiatan ekstrakurikuler dan tata tertib sekolah. Seseorang dengan kepribadian sehat dapat memberi kebahagiaan terhadap kebutuhannya melalui kelakuan (menyesuaikan diri) dengan norma lingkungan dan kebutuhan hati nuraninya, sehingga membentuk karakter siswa menjadi mandiri, berprestasi, bahagia, shaleh, jujur, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Dr. Dewi Sadiah
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:18
Last Modified: 11 Apr 2017 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item