Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Syariah Bukopin periode 2016-2018

Savitri, Pipit (2020) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Syariah Bukopin periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Return On Asset (ROA) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba yang berasal dari aktivitas investasi. Semakin besar Return On Asset (ROA) suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dan semakin baik pula posisi bank tersebut dari segi penggunaan aset. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat Return On Asset (ROA) adalah Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI). Kedua rasio tersebut mampu mengukur kemampuan dalam membayar kewajiban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) PT. Bank Syariah Bukopin; untuk mengetahui pengaruh Net Imbalan (NI) terhadap Return On Asset (ROA) PT. Bank Syariah Bukopin; dan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) terhadap Return On Asset (ROA) PT. Bank Syariah Bukopin. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) sebagai variabel independen dan Return On Asset (ROA) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan dalam Penelitian ini berupa Laporan Keuangan PT. Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Bank Syariah Bukopin dan Bank Indonesia. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung ≤ ttabel (1,330 ≤ 2,228), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh signifikan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Syariah Bukopin. (2) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung ≤ ttabel = 1,004 ≤ 2,228. Dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan Net Imbalan (NI) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Syariah Bukopin. (3) Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung ≤ Ftabel = 0,894 ≤ 4,26. Maka HO diterima dan Ha ditolak. Artinya dapat dirumuskan bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA), jadi tidak ada pengaruh yang signifikan antara Financing to Deposit Ratio (FDR) (X1) dan Net Imbalan (NI) (X2) terhadap Return On Asset (ROA) (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Imbalan (NI); Return On Asset (ROA);
Subjects: Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Pipit Savitri
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:36
Last Modified: 10 Jul 2020 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item