multazam, dila (2020) Penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sejarah Kebudayaan Islam: Quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (950kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (1).pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Melalui wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa tingkat hasil belajar siswa masih relatif rendah. Rendahnya tingkat hasil belajar siswa ini disebabkan oleh berbagai faktor. Ada faktor internal berupa keadaan diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal seperti orang tua, guru, media dan metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah hasil pembelajaran PAI siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition lebih baik daripada hasil pembelajaran siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung dengan populasi 265 siswa sedangkan sampel berjumlah 22 orang pada kelas eksperimen dan 22 orang pada kelas control. Teknik pengumpulan datanya dengan pemberian tes berupa pretest dan posttest serta penyebaran angket. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor post-test uji Mann Whithney (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 itu berarti hipotesis diterima karena Zhitung 0,000 < Ztabel 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah pemberian perlakuan khusus berupa metode pembelajaran CIRC. Juga diperoleh temuan yaitu rata-rata skor tes awal kelas eksperimen = 44,68 ini menunjukan kemampuan awal siswa tentang materi yang disajikan masih sangat rendah karena umumnya siswa masih belum mempelajari materi tersebut. Dalam mengerjakan tes awal ini siswa terlihat sangat bingung dan menerka jawaban sebisanya karena belum mempelajari materi tersebut. Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition diadakan tes akhir dengan hasil skor rata-rata = 81,5 Terjadinya peningkatan hasil tes ini karena siswa mampu mencari informasi mengenai materi yang dipelajari dari berbagai sumber serta mendiskusikannya kembali bersama teman dan guru sehingga siswa menjadi lebih mengerti tentang materi tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative integrated reading and composition; hasil belajar; sejarah kebudayaan islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dila Multazam |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 01:01 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 03:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31730 |
Actions (login required)
View Item |