Penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sejarah Kebudayaan Islam: Quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung

multazam, dila (2020) Penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sejarah Kebudayaan Islam: Quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (1).pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Melalui wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa tingkat hasil belajar siswa masih relatif rendah. Rendahnya tingkat hasil belajar siswa ini disebabkan oleh berbagai faktor. Ada faktor internal berupa keadaan diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal seperti orang tua, guru, media dan metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah hasil pembelajaran PAI siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition lebih baik daripada hasil pembelajaran siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung dengan populasi 265 siswa sedangkan sampel berjumlah 22 orang pada kelas eksperimen dan 22 orang pada kelas control. Teknik pengumpulan datanya dengan pemberian tes berupa pretest dan posttest serta penyebaran angket. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor post-test uji Mann Whithney (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 itu berarti hipotesis diterima karena Zhitung 0,000 < Ztabel 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah pemberian perlakuan khusus berupa metode pembelajaran CIRC. Juga diperoleh temuan yaitu rata-rata skor tes awal kelas eksperimen = 44,68 ini menunjukan kemampuan awal siswa tentang materi yang disajikan masih sangat rendah karena umumnya siswa masih belum mempelajari materi tersebut. Dalam mengerjakan tes awal ini siswa terlihat sangat bingung dan menerka jawaban sebisanya karena belum mempelajari materi tersebut. Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition diadakan tes akhir dengan hasil skor rata-rata = 81,5 Terjadinya peningkatan hasil tes ini karena siswa mampu mencari informasi mengenai materi yang dipelajari dari berbagai sumber serta mendiskusikannya kembali bersama teman dan guru sehingga siswa menjadi lebih mengerti tentang materi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cooperative integrated reading and composition; hasil belajar; sejarah kebudayaan islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dila Multazam
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:01
Last Modified: 09 Jul 2020 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item