Pengaruh debt to assets ratio dan free cash flow terhadap earning management pada perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT.Elnusa,Tbk. periode 2009-2018

Oktariyani, Silfi (2020) Pengaruh debt to assets ratio dan free cash flow terhadap earning management pada perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT.Elnusa,Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi ini perekonomian di Indonesia mengalamami peningkatan dalam berbagai sektor salah satunya dalam sektor investasi saham di pasar modal. Seleksi saham khusus yang melalui penyaringan yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Informasi laporan keuangan salah satu sumber informasi mengenai kondisi dan kinerja suatu perusahaan bagi pihak eksternal. Salah satu elemen penting dalam laporan keuangan yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen adalah laba. Adanya asimetri informasi dan kecenderungan dari pihak eksternal (investor) untuk lebih memperhatikan informasi laba sebagai parameter kinerja perusahaan, akan mendorong manajemen untuk melakukan manipulasi dalam menunjukan informasi laba, yang disebut dengan earning management. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi praktek earning management dalam perusahaan adalah debt to asset ratio dan free cash flow. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh debt to asset ratio terhadap earning management pada PT ElnusaTbk secara parsial, (2) menganalisa pengaruh free cash flow terhadap earning management pada PT Elnusa, Tbk secara parsial, (3) menganalisa pengaruh debt to asset ratio dan free cash flow terhadap earning management pada PT Elnusa,Tbk secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2009-2018. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 25.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara debt to asset ratio terhadap earning management yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,237 atau 23,7 %. Pada variabel free cash flow secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara free cash flow terhadap earning management yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,002 atau 0,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara debt to asset ratio dan free cash flow terhadap earning management secara simultan pada PT Elnusa Tbk. periode 2009-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt To Assets Ratio;Free Cash Flow;Earning Management
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Silfi Oktariyani
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:40
Last Modified: 10 Jul 2020 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item