Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Operational Efficiency Ratio (OER) terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank Victoria Syariah 2016-2018

Mardiana, Risma (2020) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Operational Efficiency Ratio (OER) terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank Victoria Syariah 2016-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio yang membandingkan total utang dengan total modal, semakin tinggi rasio ini semakin tingi risiko perusahaan. Operational Efficiency Ratio (OER) merupakan rasio yang membandingkan antara beban operasional dengan pendapatan operasional, semakin tinggi rasio maka semakin rendah profitabilitas karena perusahaan kurang dalam menekan beban-bebannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), (2) pengaruh Operational Effeciency Ratio (OER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), dan (3) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Operational Effeciency Ratio (OER) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Victoria Syariah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan triwulan PT. Bank Victoria Syariah periode 2016-2018 melalui website resmi PT. Bank Victoria Syariah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis, koefisien determinasi, uji signifikansi uji t (parsial) dan uji signifikansi uji F (simultan). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis t_(hitung )≤ t_tabel yaitu 2,207 ≤ 2,228 maka Ha ditolak. (2) Operational Efficiency Ratio (OER) secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis t_(hitung )≥ t_tabel yaitu 26,859 ≥ 2,228 maka Ha diterima. (3) Debt to Equity Ratio (DER) dan Operational Efficiency Ratio (OER) secara simultan terbukti berpengaruh positif negatif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis Fhitung ≥ Ftabel yaitu 349,123 ≥ 4,26 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: debt to equity ratio (DER); operational efficiency ratio (OER); return on equity (ROE)
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Risma Mardiana
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:54
Last Modified: 09 Jul 2020 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item