Ilham, Mohamad (2019) Penerapan model superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Al-Huda Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelasV MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, sebagian siswa tidak bersemangat dan sulit dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum(KKM). Hal ini disebabkan karena model yang digunakan kurang bervariatif dan guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Superitem pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, 2) Penerapan model Superitempada pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al-Huda Kabupaten Bandung,3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan modelSuperitem di kelas V MI Al-Huda Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagaifaktor salah satunya adalah penerapan model yang tepat, termasukmodelSuperitem. Berdasarkan asumsi tersebut maka dengan penerapan modelSuperitem diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung pada materi surat-surat pendek di MI kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan pelaksanaannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa RPP, silabus, kisi-kisi soal, lembar soal, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Superitemmasih rendah, dengan ketuntasan klasikalnya 12%, dan nilai rata-ratanya 40, masuk kategori kurang, 2) Penerapan modelSuperitem aktivitas guru pada siklus I keterlaksanaannya mencapai80%,masuk kategori baik. Aktivitas guru pada siklus II keterlaksanaannya mencapai 100%, dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I masuk kategori baik, dan pada siklus II masuk kategori sangat baik, 3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan modelSuperitem mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 35% dengan nilai rata-rata siswa 48 masuk kategori kurang. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal 76% dengan nilai rata-rata siswa 78 masuk kategori baik. Dengan demikian, penelitian menggunakan PTK dan metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Superitem; metode; penelitian tindakan kelas; alquar'an hadist |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Ilham |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 07:43 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31751 |
Actions (login required)
View Item |