Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Kertaharja Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang tahun 2019

Fahtoni, Helmy (2020) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Kertaharja Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang tahun 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Mewujudkan harapan Desa Kertaharja yang dilakukan oleh arapat Desa dengan masyarakat, memerlukan suatu proses tata kelola keuangan Desa yang baik untuk menciptakan pembangunan yang diharapkan. Masyarakat bukan hanya menunggu manfaat dari hasil kebijakan yang dibuat pemerintah tersebut, melainkan masyarakat juga harus ikut bergerak, salah satunya yaitu dengan partisipasi masyarakat. Partisipasi ini tidak lain adalah suatu bentuk keikutsertaan masyarakat untuk membantu mewujudkan pengelolaan Dana Desa Kertaharja yang akuntabel, transparansi dan terarah, karena Dana Desa di Desa Kertaharja terbilang sangat besar yaitu berjumlah Rp. 1.409.323.000,-. Maka dari itulah perlu adanya pengelolaan yang benar dalam jangka waktu 1 (satu) tahun mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan evalusasi serta pemanfaatan hasil-hasil pembangunan dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Kertaharja Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan menurut Sugioyo yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik alanisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Yadav (1980) dalam Theresia (2015: 198), yang menyebutkan bahwa partisipasi masyarakat bisa berbentuk pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan evaluasi, serta pemanfaatan hasil-hasil pembangunan di Desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Kertaharja Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang sudah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa hal yang belum efektif yaitu: (1) kurangnya konsistensi masyarakat Desa Kertaharja dalam menjalankan kegiatan pembangunan (2) kurangnya kesadaran dari para pemuda dalam hal kegiatan pembangunan Desa Kertaharja, dan (3) kondisi masyarakat yang tinggalnya tidak menetap dikarenakan kondisi air bersih yang sulit didapatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Dana; Desa
Subjects: Econmics > General Publications of Economic
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Helmy Fahtoni
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:09
Last Modified: 16 Jul 2020 01:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item View Item