Penggunaan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa

Taofik, Agna Ilma (2020) Penggunaan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMP Al-Anabah Cileunyi di Kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah memberikan pembelajaran dengan mengikuti era 4.0 yaitu menggunakan salah satu aplikasi yang menunjang pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel yang terdiri dari dua kelas. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan non tes berupa angket skala self regulated learning. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan aplikasi Graspable Math dengan nilai rata-rata Ngain 0,50 lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model konvensional dengan nilai rata-rata Ngain 0,48 dengan selisih 0,02. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan aplikasi Graspable Math dengan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Terdapat peningkatan kemandirian belajar (self regulated learning) dalam pembelajarannya pada siswa yang menggunakan aplikasi Graspable Math.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aplikasi Graspable Math; pemahaman matematis; Self Regulated Learning; siswa;
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Agna Ilma Taofik
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:34
Last Modified: 14 Jul 2020 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31855

Actions (login required)

View Item View Item