Pengaruh Gross Profit Margin dan Return On Equity terhadap Price Share pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Astra Agro Lestari, Tbk. periode 2009-2018

Rahmawati, Windi (2020) Pengaruh Gross Profit Margin dan Return On Equity terhadap Price Share pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Astra Agro Lestari, Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak .pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ekonomi negara bisa di lihat dari banyaknya para investor yang menanamkan modalnya di pasar modal khususnya produk saham, dengan pengharapan dapat keuntungan (return) pada waktu yang telah di tentukan. Namun dalam investasi saham perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga saham yang bisa dijadikan pertimbangan investor untuk membeli saham tersebut. Beberapa faktor tersebut diantaranya Gross Profit Margin dan Return On Equity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gross Profit Margin secara parsial terhadap Price Share pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2009-2018; untuk mengetahui Return On Equity secara parsial terhadap Price Share pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2009-2018; dan untuk mengetahui pengaruh pengaruh Gross Profit Margin dan Return On Equity secara simultan terhadap Price Share di PT Astra Agro Lestari Tbk. periode 2009-2018. Penelitin ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan mengunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan uji t serta dengan analisis simultan yaitu dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan PT. Astra Agro Lestari Tbk. (www.astra-agro.co.id) periode 2009-2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Gross Profit Margin terhadap Price Share pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. karena nilai > (3,979 > 2,306) sehingga Hₐ diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Return On Equity terhadap Price Share pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. karena nilai > (3,605 > 2,306) sehingga Hₐ diterima. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Gross Profit Margin dan Return On Equity terhadap Price Share pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. karena nilai > (7,069 > 4,74). Berdasarkan nilai R Square diperoleh 0,669 atau 66,9% artinya besar pengaruh variabel independen yaitu Gross Profit Margin dan Return On Equity terhadap variabel dependen yaitu Price Share dapat diterangkan oleh persamaan ini sebesar 66,9%. Sedangkan sisanya sebesar 33,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin; Return On Equity; Price Share
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Windi Rahmawati Windi
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:22
Last Modified: 20 Jul 2020 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item View Item