Pengaruh Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah periode 2016-2018

Anjarwati, Sonia (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keharusan sebuah perusahaan asuransi dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaannya, agar menjaga serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi. Salah satu indikasi perusahaan asuransi yang terpercaya adalah dengan memenuhi tingkat solvabilitas yang berlaku dan selain tingkat solvabilitas yang dapat terlihat dari Risk Based Capital (RBC) dan Current Ratio (CR). Ketika perusahaan asuransi dapat memenuhi Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) dengan baik artinya nilainya tinggi, maka perusahaan asuransi tersebut dapat dikatakan sehat. Namun dengan tingginya nilai Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) tersebut justru dapat menurunkan profitabilitas yang dapat diukur dengan Return On Equity (ROE), apabila Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) nilainya tinggi itu artinya perusahaan banyak menempatkan dananya di sisi asset lancar serta menyimpan dana untuk menutupi risiko yang mungkin terjadi agar kesehatan perusahaan terpenuhi sehingga kurang efektif menggunakan dana yang ada kesisi investasi yang pada akhirnya menurunkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh antara Current Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE), (2) mengetahui seberapa besar pengaruh Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE), dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan triwulanan yang diperoleh dari PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah. Adapun analisis data yang digunakan dengan uji validitas data, uji reliabilitas, analisis asumsi klasik, analisis regresi (sederhana dan berganda), korelasi (sederhana dan berganda), koefisien determinasi dan uji hipotesis uji t dan uji F. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial sebesar 0,00022 atau 0,022%, sedangkan sisanya sebesar 99,978% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) Pengaruh Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial sebesar 0,115 atau 11,5%, sedangkan sisanya sebesar 88,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (3) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Return On Equity (ROE) secara bersama-sama sebesar 0,121 atau 12,1%, sedangkan sisanya sebesar 87,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Risk Based Capital (RBC); Return On Equity (ROE).
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sonia Sonia Anjarwati
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:27
Last Modified: 15 Jul 2020 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31877

Actions (login required)

View Item View Item