Implementasi program kampung Keluarga Berencana (KB) di kampung Cibulakan Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut

Nurrohman, Intan Destika (2019) Implementasi program kampung Keluarga Berencana (KB) di kampung Cibulakan Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia saat ini melaju dengan cepat dan mengakibatkan angka pengangguran dan kemiskinan semakin tinggi. Pada dasarnya hasil dari program KB berguna untuk pembangunan dan perkembangan masyarakat itu sendiri. Pemerintah Indonesia terus melakukan perubahan cara demi terwujudnya pemerataan program KB. Pemerintahan Joko Widodo dalam mewujudkan prioritas pembangunan (Nawacita), maka dibuatnya kebijakan Program Kampung KB. Dimana Kampung KB itu merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanankan secara sistemik dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang program Kampung KB, mengetahui dan menganalisis implementasi program Kampung KB dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung program kamngpung KB di Kampung Cibulakan Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriftif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala UPT KB, TPD, Ketua Kampung KB, dan petugas Kampung KB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana di Kampung Cibulakan Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut belum berjalan dengan optimal. Karena dalam sumber daya nya masih terdapat petugas yang belum paham bagaimana menjalankan tugasnya hal tersebut akan menghambat dalam pelaksanaan program kampung KB, serta dalam aspek sarana dan prasarananya masih belum memadai seperti belum terdapatnya balai sebagai tempat kegiatan Kampung KB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kampung KB
Subjects: Political Ethics > Duties of The State
Ethics of Family Relationships
Ethics of Social Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Intan Destika Nurrohman
Date Deposited: 17 Jul 2020 06:48
Last Modified: 17 Jul 2020 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item View Item