Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity pada perusahan sektor perdagangan dan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. AKR Corporindo TBK Periode 2009-2018

kusumah, chyntia zulfa (2020) Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity pada perusahan sektor perdagangan dan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. AKR Corporindo TBK Periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Equity pada PT.AKR Corporindo Tbk. Periode 2009-2018. Debt to Equity Ratio merupakan rasio solvabilitas yang mengambarkan kempuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Sedangkan Total Asset Turnover merupakan rasio aktivitas yang mengukur perputaran seluruh aset perusahaan. Aset menjadi bagian paling penting dalam menjalankan operasional perusahaan, jika aset mampu berputar dengan baik dalam artian dapat digunakan dengan efesien maka akan meningkat laba diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Equity secara parsial; 2) pengaruh Total Asset Turnover terhadap Return On Equity secara pasial; 3) pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Equity secara simultan pada PT. AKR Corporindo Tbk, Periode 2009-2018 Kerangka pemikiran menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Equity. Namun Return On Equity juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. AKR Corporindo, Tbk. Periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji statistic, dan uji F-statistik. Hasil penelitian menjukan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity dibuktikan dengan nilai thitung<ttabel (-0,235 < 2,306). Total Asset Turnover berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity sebesar 59,3% dibuktikan dengan thitung>ttabel (3,413>2,306). Hasil simultan Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity sebesar 84,7% dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (19,433>4,74). Penelitian ini memperkuat hasil penelitian yang dilakukan Lailtul Mufidah dan Devi Farah Azizaj (2017) yang menyatakan adanya pengaruh simultan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: debt to equity ratio; total asset turnover; return on equity
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Chyntia Zulfa Kusumah
Date Deposited: 17 Jul 2020 06:04
Last Modified: 17 Jul 2020 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31941

Actions (login required)

View Item View Item