Arifin, Syifa Afidah Nurul (2020) Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian geometri berdasarkan Teori Newman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenografi yang bertujuan mengetahui karakteristik, dan penyebab melakukan kesalahan berdasarkan Teori Newman serta mengetahui solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan karena analisis kesalahan dalam pembuktian dalam geometri penting agar tidak menimbulkan kesalahan pada mata kuliah geometri lanjutan. Adapun jenis kesalahan berdasarkan Teori Newman yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) kesalahan membaca representasi simbol matematis; (2) kesalahan memahami masalah pembuktian; (3) kesalahan transformasi masalah pembuktian; (4) kesalahan keterampilan proses pembuktian; dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Subjek penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa serta instrumen yang digunakan yaitu angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) sikap kepercayaan diri mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian geometri bersikap positif; (2) terdapat beberapa karakteristik kesalahan yang dilakukan mahasiswa berdasarkan Teori Newman diantaranya kesalahan dalam menentukan alur pembuktian sesuai prosedur; (3) terdapat beberapa penyebab mahasiswa melakukan kesalahan berdasarkan Teori Newman diantaranya tidak dapat menentukan rencana pembuktian yang sistematis; serta (4) terdapat beberapa solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut diantaranya sering berlatih dengan berbagai jenis soal non-rutin. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi bagi mahasiswa untuk memperbaiki kesalahannya juga memperoleh pemahaman yang mendalam terkait penyelesaian pembuktian geometri, serta bahan diskusi bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Analysis, Theory of Functions Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syifa Afidah Nurul Arifin |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:09 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31986 |
Actions (login required)
View Item |