Analisis rasio keuangan model Altman Z-score untuk memprediksi financial distress : Studi pada perusahaan sub sektor tekstil dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Zahudah, Nisa Ul (2020) Analisis rasio keuangan model Altman Z-score untuk memprediksi financial distress : Studi pada perusahaan sub sektor tekstil dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (977kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTRAPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis penggunaan metode Altman (Z-Score) dalam memprediksi financial distress pada perusahaan subsektor tekstil dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Periode yang digunakkan dalam memprediksi adalah lima tahun sebelum perusahaan mengalami financial distress. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel yang didapat sebanyak 60 data dari 12 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Variabel dependen yang digunakan berupa variabel dummy. Maka, untuk mengetahui pengaruh setiap variabel independen terhadap variabel dependennya digunakan metode analisis regresi logistik data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasio Working Capital to Total Assets terbukti berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai Asymptotic Significance yang diperoleh sebesar 0,002. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Rasio Retained Earning to Total Assets terbukti tidak berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai Asymptotic Significance yang diperoleh sebesar 0,750. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0,05 yaitu 0,750 > 0,05. Rasio Earning Before Interest and Tax to Total Assets terbukti berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai Asymptotic Significance yang diperoleh sebesar 0,012. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0,05 yaitu 0,012 < 0,05. Rasio Market Value of Book Equity to Total Liabilities terbukti berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai Asymptotic Significance yang diperoleh sebesar 0,031. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0,05 yaitu 0,031 < 0,05. Rasio Sales to Total Assets terbukti tidak berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai Asymptotic Significance yang diperoleh sebesar 0,398. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 0,05 yaitu 0,398 > 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: financial distress; altman z-score; rasio keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nisa Ul Zahudah
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:27
Last Modified: 21 Jul 2020 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item