Habibah, Yuli Umu (2017) Penerapan pembelajaran predict observe and explain dan predict discuss explain observe discuss and explain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMPN 37 Bandung kelas VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE, PDEODE dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-F, VIII-G dan VIII-H. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal berpikir kreatif matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas POE terdapat peningkatan menjadi baik; (b) Gambaran proses pembelajaran matematika kelas PDEODE terdapat peningkatan menjadi amat baik; (c) Peningkatan berpikir kreatif matematis kelas POE dikategorikan sedang, kelas PDEODE sedang, dan kelas konvensional rendah; (d) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada ketiga kelas, dengan urutan dari yang terbaik yaitu PDEODE, POE, dan kelas konvensional; (e) Siswa kelas POE dan kelas PDEODE diketahui bahwa sebagian besar siswa bersikap positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PDEODE lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dibandingkan model pembelajaran POE dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE; PDEODE; berpikir kreatif matematis; matematika |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 02:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31995 |
Actions (login required)
View Item |