Retorika KH. Suherman, SH dalam bertabligh di masyarakat: Studi deskriptif tentang gaya retorika KH. Suherman, SH di masyarakat heterogen di Jawa Barat

Zulfikar, Muhammad Fachri Misbahuddin (2017) Retorika KH. Suherman, SH dalam bertabligh di masyarakat: Studi deskriptif tentang gaya retorika KH. Suherman, SH di masyarakat heterogen di Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Islam sebagai rahmatan lil alamin relevan disampaikan pada era modern. Kegiatan tabligh yang di lakukan seorang muballigh harus juga mulai berevolusi dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat, tabligh berevolusi sesuai dengan laju zaman dengan modifikasi dan modernisasi retorika di dalamnya. KH. Suherman, SH dalam penyampaian tablighnya di selingi oleh humor, dan salah satu ciri khas beliau bisa menirukan suara muballigh lain, suara dalang, suara sinden, hal tersebut tetap mengikuti budaya masyarakat yang ada, untuk membuat jamaah memperhatikan ceramahnya. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui Gaya Retorika To Inform KH. Suherman, SH dalam bertabligh di Masyarakat. 2) Untuk mengetahui Gaya Retorika To Entertain KH. Suherman, SH dalam bertabligh di Masyarakat. 3) Untuk mengetahui Gaya Retorika To Strengthen Belief KH. Suherman, SH dalam bertabligh di Masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Retorika sebagai suatu seni berbicara yang menggunakan bahasa yang memiliki kesan sehingga dapat mempengaruhi seseorang untuk dapat lebih yakin akan pesan yang disampaikannya. Hal ini relevan dengan teori jarum hipodermik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara cermat, jelas dan sistematis tentang fakta atau karakteristik tabligh yang dilakukan oleh KH. Suherman, SH. Metode ini digunakan dengan alasan untuk memperoleh penguraian dan penjelasan data, dan juga untuk mengambil fenomena tentang Retorika Tabligh KH. Suherman, SH di masyarakat dan memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual yang sedang terjadi di Masyarakat salah satunya pemahaman Masyarakat yang beraneka ragam. Hasil penelitian yang diperoleh: Gaya Retorika KH. Suherman, SH di masyarakat meliputi 1) to Inform dalam pemilihan bahasa, penguasaan materi, ekspresi, dan intonasi. 2) to Entertain dalam penggunaan humor, dan ciri khas menirukan gaya bicara dan suara dari muballigh lain, dalang, dan sinden. 3) to Strengthen Belief dalam Awareness dan Interest jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: retorika; tabligh; dakwah; tokoh islam
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:39
Last Modified: 20 Jul 2020 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32015

Actions (login required)

View Item View Item