Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung

Fahruroji, Maulana (2017) Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa di SMP Mekar Arum, salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model SSCS pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dikelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran model SSCS. (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS. (c) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (d) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis yang menggunakan model Pembelajaran SSCS dan model pembelajaran konvensional. (e) Sikap siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemahaman matematika dan instrumen non tes yaitu lembar aktivitas guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model SSCS mengalami peningkatan sebesar 0,13 dengan tingkat interpretasi rendah. (c) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model konvensional mengalami peningkatan sebesar 0,22 dengan tingkat interpretasi rendah. (d) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang menggunakan model Pembelajaran SSCS dan model pembelajaran konvensional. (e) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran SSCS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; SSCS; pemahaman matematis; Uji t
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:06
Last Modified: 20 Jul 2020 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32019

Actions (login required)

View Item View Item