Pengaruh aktivitas pengendalian internal terhadap realisasi anggaran di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat

Pasha, Jihan Amalia (2020) Pengaruh aktivitas pengendalian internal terhadap realisasi anggaran di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Realisasi anggaran dapat menjadi tolak ukur bagi hasil kinerja pemerintah dengan membandingkan anggaran dengan realisasinya. Salah satu upaya agar dapat mencapai target yaitu dengan melakukan aktivitas pengendalian internal guna memastikan setiap tahapan realisasi anggaran telah sesuai dengan kebijakan serta prosedur yang berlaku dan tidak ada unsur manipulasi. Setiap instansi pemerintah wajib melaporkan secara berkala tiap tahunnya mengenai realisasi anggaran termasuk Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemisahan tugas terhadap realisasi anggaran; pengendalian pengolahan informasi terhadap realisasi anggaran; pengendalian fisik terhadap realisasi anggaran dan review kinerja terhadap realisasi anggaran. Penulis menggunakan teori aktivitas pengendalian internal dari Siti Rahayu Kurnia yang dapat diukur berdasarkan pemisahan tugas; pengendalian pengolahan informasi; pengendalian fisik; serta review kinerja. Sedangkan untuk teori realisasi anggaran penulis menggunakan teori dari Indra Bastian dimana realisasi anggaran terdiri dari pencairan anggaran (pengeluaran), realisasi pendapatan dan pelaksanaan. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan penyebaran kuesioner kepada 24 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis regresi linear berganda, analisis uji parsial (Uji-t), analisis uji simultan (Uji-F) dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf 0,05/5%, dimensi pemisahan tugas (X1) secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung > t tabel (3,138 > 2,085). Selain itu, dimensi pengendalian pengolahan informasi (X2) secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung > t tabel (2,144 > 2,085). Sedangkan dimensi pengendalian fisik (X3) secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung > t tabel (4,698 > 2,085). Selanjutnya untuk dimensi review kinerja (X4) secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitungt > t tabel (3,789 > 2,085). Adapun empat dimensi mengenai aktivitas pengendalian internal tersebut memperoleh R Square sebesar 0,609 atau 60,9%. Sedangkan sisanya 39,1% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal; Realisasi Anggaran
Subjects: Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Jihan Amalia Pasha
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:21
Last Modified: 21 Jul 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item