Muhdiana, Winda (2020) Penggunaan aplikasi android GeoGebra dan Desmos untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan motivasi belajar matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (684kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang menggunakan media pembelajaran aplikasi android GeoGebra, Desmos dan Konvensional adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, (2) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa, (3) perbedaan peningkatan motivasi belajar matematis siswa, (4) perbedaan pencapaian motivasi belajar matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sample kelas X MIA 2 menggunakan aplikasi android GeoGebra, kelas X MIA 3 menggunakan aplikasi android Desmos dan kelas X MIA 1 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis, dan lembar angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, dan (4) terdapat perbedaan pencapaian motivasi belajar matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi android geogebra; desmos; penalaran matematis; motivasi belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Winda Muhdiana |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 06:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32051 |
Actions (login required)
View Item |