Analisis tabungan sampah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 102 di Bank Sampah Mandiri Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap

Harbangkara, Revli Meyhendra (2020) Analisis tabungan sampah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 102 di Bank Sampah Mandiri Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mekanisme tabungan sampah di Bank Sampah Mandiri Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap pada penggunaan akad Murabahah yang berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 102. Dikarenakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 102 merupakan pedoman atau standar dalam pelaksanaan akad Murabahah, baik dalam pencatatan, perhitungan, dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme tabungan sampah di Bank Sampah Mandiri Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Untuk mengetahui dan menganalisis Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 102 terhadap tabungan sampah di Bank Sampah Mandiri Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Bank Sampah adalah tempat pemilihan dan pengumpulan sampah yang dapat di duar ulang dan atau digunakan ulang yang memiliki nilai ekonomi. Bank Sampah merupakan tempat menabung sampah yang telah terpilah menurut jenis sampah, sampah yang ditabung pada bank sampah adalah sampah yang mempunyai nilai ekonomis. Murabahah adalah jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati antara pihak penjual dan pihak pembeli. Penelitian ini merupakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Sumber data primer dan sekunder. Dimana data primer adalah penelitian yang di lakukan secar langsung dari objek yang diteliti, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang dipeoleh dari buku yang mempunyai relevansi dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian dengan metode analisis, dar segi pencatatan pada perlakuan akuntansi Murabahah di Bank Sampah Mandiri belum sesuai dengan PSAK 102, karena belum ada utang piutang Murabahah, diskon Murabahah dan perlakuan denda yang sesuai dengan PSAK 102. Secara garis besar penerapan akuntansi terhadap pembiayaan Murabahah yang dilakukan pada Bank Sampah Mandiri belum sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku yaitu PSAK 102.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sampah; Tabungan Sampah; PSAK 102; Bank Sampah Mandiri
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Revli Meyhendra Harbangkara
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:38
Last Modified: 22 Jul 2020 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32090

Actions (login required)

View Item View Item