Penerapan e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Ramdhaniah, Hamidatu (2020) Penerapan e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pada proses pembelajaran dibutuhkan suatu media sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa, salah satunya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode pre experiment. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester dua pada mata kuliah Kimia Dasar II yang menggunakan instrumen lembar kerja (LK) dan perangkat tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu soal pretest dan postest, serta sumber data observer yang menggunakan lembar observasi dengan mengamati aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran. Hasil rata-rata LK yaitu 80 kategori sangat baik, hasil nilai n-gain 0,73 kategori tinggi, dan hasil rata-rata keterlaksanaan aktivitas mahasiswa yaitu 86,83% kategori sangat tinggi. Semua hasil penelitian yang didapatkan disebabkan karena media bahan ajar berupa e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry berperan dalam proses pembelajaran yang aktif dan perangkat tes dapat mengukur peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar alternatif; e-module; green chemistry; kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Hamidatu Ramdhaniah
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:31
Last Modified: 03 Dec 2020 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item View Item