Ramdhaniah, Hamidatu (2020) Penerapan e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Pada proses pembelajaran dibutuhkan suatu media sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa, salah satunya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode pre experiment. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester dua pada mata kuliah Kimia Dasar II yang menggunakan instrumen lembar kerja (LK) dan perangkat tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu soal pretest dan postest, serta sumber data observer yang menggunakan lembar observasi dengan mengamati aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran. Hasil rata-rata LK yaitu 80 kategori sangat baik, hasil nilai n-gain 0,73 kategori tinggi, dan hasil rata-rata keterlaksanaan aktivitas mahasiswa yaitu 86,83% kategori sangat tinggi. Semua hasil penelitian yang didapatkan disebabkan karena media bahan ajar berupa e-module bahan bakar alternatif berorientasi green chemistry berperan dalam proses pembelajaran yang aktif dan perangkat tes dapat mengukur peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan bakar alternatif; e-module; green chemistry; kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hamidatu Ramdhaniah |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 02:31 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32092 |
Actions (login required)
View Item |