Metode pembelajaran tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang : Studi deskriptif di SMAIT As-Syifa Subang

Nurlailita, Dea (2020) Metode pembelajaran tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang : Studi deskriptif di SMAIT As-Syifa Subang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMAIT As-Syifa Boarding School Wanareja Subang dalam program Tahfidz menerapkan metode Tahfidz Camp untuk mendapatkan keberhasilan dalam menghafal. Tahfidz Camp di SMAIT As-Syifa ini sudah sering dilaksanakan setiap tahunya untuk mencapai tujuan yang ada di lembaga tersebut. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yaitu (1) Untuk mengetahui konsep pembelajaran tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. (2) Untuk mengetahui strategi dan metode tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Tahfidz Camp . Dan (5) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. Menghafal al-Qur’an membutuhkan strategi yang pas agar bisa mencapai dalam targetan hafalannya. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan bagi lembaga pendidikan Islam yang mengelola program tahfidz al-Qur’an. Pertama, memperbaiki dan menyempurnakan manajemen tahfidz al-Qur’an. Kedua, mengaktifkan dan memperkuat peran instruktur tahfidz dalam membimbing dan memotivasi siswa penghafal al-Qur’an. Ketiga, menyempurnakan mekanisme dan metode yang diterapkan oleh guru tahfidz. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengetahui metode pembelajaran kegiatan tahfidz camp di SMAIT As-Syifa Boarding School. Penelitian ini agar lebih jauh mengetahui tentang konsep, pelaksanaan, strategi dan hasil yang di dapatkan dalam kegiatan tahfidz camp ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan mendapatkan data dari hasil wawancara dan dokumentasi yang bisa membantu mengetahui secara mendalam bagaimana kegiatan tahfidz camp ini. Tahfidz Camp adalah suatu metode untuk mempermudah menghafal al-Qur’an di suatu waktu khusus yang memiliki konsep dan tujuan Ziyadah haalan selama Tahfidz Camp. Dengan menggunakan metode Talaqqi dan Murojaah dengan pembimbing yang bersanad. Pelaksanaan Tahfidz Camp ini dilaksanakan setiap tahun dan hanya berfokus pada kajian al-Qur’an dan hafalannya. Faktor pendukung Tahfidz Camp ini yaitu fasilitas yang dimilikinya dan pembimbing yang kompeten. Adapun penghambatnya yaitu keadaan para santri itu sendiri. Menurut hasil yang di paparkan oleh narasumber setelah mengikuti Tahfidz Camp santri yang biasanya hanya menghafal 1 halaman dalam sehari dengan kegiatan ini santri bisa mencapai hafalan 5 halaman dalam sehari. Sehingga kegiatan ini selalu digunakan untuk mencapai target yang ada di SMAIT As-Syifa Subang. Kata Kunci: Efektifitas, hafalan al-Qur’an, Tahfidz Camp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; hafalan al-Qur’an; Tahfidz Camp
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Nurlailita
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:46
Last Modified: 19 Aug 2020 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32099

Actions (login required)

View Item View Item