Analisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap indeks harga saham di Indeks Saham Syariah Indonesia di Bursa Efek Indonesia Periose 2012-2018

Ihsani, Azhar Nafis (2019) Analisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap indeks harga saham di Indeks Saham Syariah Indonesia di Bursa Efek Indonesia Periose 2012-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Indeks harga saham dapat mencerminkan kondisi perekonomian pada suatu negara. Pasalnya, indeks harga saham digunakan sebagai indikator dari harga saham dan kinerja saham secara individual maupun keseluruhan. Dalam praktiknya, suatu indeks bergerak fluktuatif dikarenakan beberapa faktor, salah satunya ialah faktor makroekonomi yang menyebabkan perubahan pada tiap sendi kegiatan perekonomian. Indikator dalam makroekonomi yang dapat diukur oleh variabel makroekonomi seperti inflasi, tingkat suku bunga, nilai mata uang, dan lain sebagainya. Tetapi, tidak serta merta fluktuatif keseluruhan indeks dapat dipengaruhi oleh variabel makroekonomi yang notabene erat kaitannya dengan sistem perekonomian konvensional, karena terdapat beberapa indeks yang memiliki karakteristik khusus dalam segi fundamental kegiatan ekonominya Di lain sisi, pasar modal Indonesia memiliki indeks yang memiliki karakteristik khusus berdasarkan syariat islam yang selanjutnya di Indonesia berkembang pasar modal syariah yang beroperasi di BEI. Salah satu indeksnya ialah Indeks Saham Syariah Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel makroekonomi yang diukur dengan inflasi, nilai kurs rupiah USD/IDR, BI rate, dan harga minyak mentah dunia secara parsial dan simultan terhadap indeks harga saham pada Indeks Saham Syariah Indonesia di BEI periode 2012-2018. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis data melalui uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F, serta koefisien determinasi dengan jenis data sekunder time series sebanyak 84 data observasi bulanan variabel dependen dan independen selama periode 2012-2018. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan nilai kurs rupiah USD/IDR dan BI rate secara parsial terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Sedangkan variabel inflasi dan harga minyak mentah dunia tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Secara simultan, variabel makroekonomi yang diukur dengan inflasi, nilai kurs rupiah USD/IDR, BI rate, dan harga minyak mentah dunia berpengaruh terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makroekonomi; Inflasi; Nilai Kurs Rupiah USD/IDR; BI Rate; Harga Minyak Mentah Dunia; Indeks Saham Syariah Indonesia.
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 46917 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:21
Last Modified: 27 Jul 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32103

Actions (login required)

View Item View Item