Penyuluhan agama untuk meningkatkan pemahaman keluarga sakinah bagi calon pengantin penelitian di KUA Kec.Katapang Kab.Bandung

Bariyyah, Dila khoerul (2020) Penyuluhan agama untuk meningkatkan pemahaman keluarga sakinah bagi calon pengantin penelitian di KUA Kec.Katapang Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penyuluhan Agama terhadap calon pengantin merupakan hal yang di anjurkan oleh setiap kantor urusan agama agar dapat terealisasikan bagaimana cara meningkatkan pemahaman keluarga sakinah dengan baik dan sesuai dengan ajaran agama islam. pasangan suami istri seharusnya memiliki harapan untuk bisa hidup menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah,karena tidak sedikit pasangan suami istri yang gagal dalam menjalankan rumah tangga karena tidak dapat menciptakan keluarga yang sakinah. untuk meningkatkan keluarga yang sakinah diperlukan adanya bantuan untuk bisa memberikan arahan,masukan kepada calon pasangan suami istri yang akan menjalankan kehidupan yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi pemahaman keluarga sakinah bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Katapang (2) Untuk mengetahui Proses Penyuluhan Agama untuk meningkatkan pemahaman keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Katapang (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil Penyuluhan Agama di Kantor Urusan Agama Kecamatan Katapang. Penelitian ini menyatakan bahwa Penyuluhan Agama( Andi Mssisre:1992:3) merupakan pemberian informasi dalam membantu calon pengantin untuk mencapai keluarga yang sakinah,Penyuluhan Agama memberikan kebebasan kepada calon pengantin untuk menentukan cara meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif ,yaitu menggambarkan secara langsung dengan teknik pengumpulan data berupa ob-servasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Penyuluhan Agama sangat jelas bagi calon pengantin yang melaksanakanya apa yang telah di berikan oleh penyuluh dan ketua KUA serta dengan adanya Penyuluhan Agama yang mempermudah untuk menjalankan masing-masing perannya sebagai calon suami istri sehingga bisa saling berikhtiar untuk bisa meningkatkan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyuluh agama; meningkatkan pemahaman; keluarga sakinah; calon pengantin
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dila Khoerul Bariyyah
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:09
Last Modified: 23 Jul 2020 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32104

Actions (login required)

View Item View Item