Pengaruh Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin pada perusahaan sektor perdagangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2009-2018

Azizah, Ayu Shofia Nurmushoffa (2020) Pengaruh Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin pada perusahaan sektor perdagangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Fixed Assets Turnover merupakan rasio aktivitas yang mengukur seberapa efektif dan efesien perusahaan dalam menggunakan aset tetapnya untuk menghasilkan pendapatan. Sedangkan Working Capital Turnover merupakan rasio aktivitas yang menunjukkan seberapa besar perusahaan dalam mememanfaatkan modal kerja untuk menghasilkan penjualan/pendapatan dan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh Fixed Asset Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin; 2) Untuk mengetahui pengaruh Working Capital Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin; 3) Untuk mengetaui pengaruh Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover secara simultan terhadap Net Profit Margin. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover berpengaruh positif terhadap Net Profit Margin. Namun Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder periode 2009-2018 dari laporan keuangan PT. AKR Corporindo, Tbk di website www.akr.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Fixed Assets Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel (1,196 < 2,306). Secara pasrsial Working Capital Turnover juga tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan nilai t hitung < t tabel (0,249 < 2,306). Dan secara simultan Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan nilai fhitung<ftabel (0,677 < 4,74). Penelitian ini membantah penelitian yang dilakukan oleh Nova Nur Indah yang menyatakan bahwa secara simultan Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover berpengaruh tidak signifikan terhadap Net Profit Margin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fixed assets turnover; working capital turnover; net profit margin
Subjects: Administration of Economy
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ayu Shofia Nurmushoffa Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:24
Last Modified: 23 Jul 2020 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32116

Actions (login required)

View Item View Item