Noor, Dewi Sanusi (2017) Analisis profil manajemen dan penggunaan laboratorium dalam pembelajaran kimia di SMA wilayah Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen laboratorium kimia yang meliputi kelengkapan alat dan bahan praktikum, penataan alat dan bahan praktikum, administrasi laboratorium, dan efektivitas penggunaan laboratorium kimia, dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Wilayah Kabupaten Bandung Barat dengan melibatkan tiga SMA yang ada di Kabupaten tersebut yaitu SMAN 1 Cililin, SMAN 1 Cipeundeuy, dan SMA Darul Falah. Informasi diperoleh dengan mengobservasi langsung ke laboratorium kimia oleh peneliti, pengisian angket kepada siswa dan guru, serta wawancara yang dilakukan kepada pengelola laboratorium kimia. Hasil yang diperoleh pada efektivitas penggunaan laboratorium kimia yaitu sebesar 55% dengan kategori efektif, dapat dilihat pula pada hasil analisis manajemen kelengkapan alat dan bahan praktikum kimia masing-masing mendapatkan persentase sebesar 64% dengan kategori lengkap dan 43% dengan kategori kurang lengkap namun kondisi alat dan bahan dalam kategori sangat baik, manajemen penataan alat dan bahan masing-masing mendapatkan persentase sebesar 77% dan 71% dengan kategori baik, serta manajemen administrasi laboratorium kimia mendapatkan persentase sebesar 62% dengan kategori lengkap. Dengan demikian analisis manajemen dan penggunaan laboratorium kimia dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen laboratorium; pengelolaan laboratorium; laboratorium kimia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 07:57 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 07:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32128 |
Actions (login required)
View Item |