Analisis pesan dakwah pada akun Instagram @qooonit

Fitriyani, Sumi (2020) Analisis pesan dakwah pada akun Instagram @qooonit. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Mensyiarkan ajaran Islam saat ini tidak hanya disampaikan diatas mimbar saja. Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah dengan jangkauan yang lebih luas, salah satunya adalah instagram. Instagram sebagai media yang interaktif, memiliki fitur yang beragam dan banyak digunakan oleh anak muda yang lebih cenderung untuk komunikasi antarsesama, ajang pamer, atau sekedar hiburan semata bahkan tidak ada tujuan untuk menyampaikan suatu kebaikan. Salah satu akun yang memanfaatkan instagram untuk mengimbangi kemajuan teknologi dengan proses dakwah adalah akun instagram @qooonit dengan memposting pesan-pesan bermuatan dakwah melalui video motion grafis berdurasi pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana organisasi pesan dakwah yang disusun oleh akun instagram @qooonit. Mengetahui kategorisasi pesan dakwah yang lebih diprioritaskan. Serta mengetahui imbauan pesan dakwah yang diunggah oleh akun @qooonit. Penelitian ini berdasarkan pada salah satu teori yang berkaitan erat dengan pesan dakwah, yaitu teori komunikasi Harold Lasswell yang terdapat lima unsur dalam kegiatan komunikasi yaitu who, says what, in which channel, to whom, with what effect. Teori ini fokus pada unsur pesan (say what) sebagai alat untuk menganalisis isi pesan yang disampaikan melalui media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis) yang dapat digunakan untuk menganalisis semua bentuk komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan dakwah yang diunggah @qooonit dari bulan Desember 2018 - Desember 2019 terdapat sebanyak 40 pesan dengan tema “Seni Tinggal di Bumi” melalui pendekatan Sirah Nabawiyah. Materi merupakan gabungan dari berbagai informasi, buku, kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang sedang dihadapi dan dikaitkan kepada nilai-nilai Islam (Al-Qur’an atau Hadits). Pesan dakwah yang diunggah oleh @qooonit dari segi organisasi pesan lebih banyak disusun secara deduktif dan induktif, dari segi kategorisasi pesan banyak menekankan kepada masalah akidah dan akhlak, sedangkan pada segi imbauan pesan menekankan pada imbauan emosional dan motivasional. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh @qooonit memiliki tingkat keberhasilan yang baik. Materi yang lebih menekankan pada nilai-nilai akidah dan akhlak dengan penyampaian yang mudah dipahami terutama ketika dihubungkan dengan permasalahan yang sedang dihadapi dalam keseharian khususnya anak muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Instagram
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: sumi fitriyani
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:58
Last Modified: 24 Jul 2020 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32133

Actions (login required)

View Item View Item