Maftuhah, Siti Ainun (2020) Bimbangan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur'an: Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan terlepas dengan agama. Hakikatnya manusia sebagai makhluk yang dilahirkan dalam keadaan lemah dan tidak berdaya, namun dengan demikian manusia telah diberikan potensi bawaan yang menjadi kelebihannya. Dalam perkembangannya manusia dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan lingkungan. Maka dari itu, Allah SWT memberikan petunjuk Al-Qur’an sebagai referensi utama untuk manusia. Mempelajari Al-Qur’an menjadi hal utama yang perlu dikuasai oleh setiap manusia. Kegiatan bimbingan keagamaan belajar baca tulis Al-Qur’an (iqro) menjadi salah satu kegiatan yang menjadi rutinitas anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak mengenai kemampuan membaca huruf hijaiyah hingga hukum tajwid. Kemampuan membaca Al-Qur’an anak didik terbilang sangat rendah namun semangat anak didik sangat luar biasa untuk mengikuti kegiatan belajar baca tulis Al-Qur’an (iqro). maka dari itu, anak didik membutuhkan peran pembimbing keagamaan agar konsisten belajar Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tujuan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an (2) mengetahui fungsi bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an (3) mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepada pembina (pengurus), pembimbing (ustad) dan kepada anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, diperoleh kesimpulan: (1) tujuan bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an (iqro) yaitu membantu anak didik menyadari kembali fitrahnya, menyelesaikan masalahnya dan mencgah terjadinya masalah, selalu melibatkan agama dalam kehidupannya terkhusus belajar Al-Qur’an, dapat mengambil pilihan hidupnya, dan membantu anak didik dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil (2) fungsi bimbingan keagamaan dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an yaitu preventif (pencegahan), kuratif (memecahkan masalah) dan development (pengembangan) (3) proses pelaksanaan bimbingan keagamaan minat baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan satu minggu tiga kali, hari selasa pada jam (10.30-11.30 WIB), hari jumat dan sabtu pada jam 09.00-10.00 WIB) dan proses pelaksanaanya ada 3 tahapan yaitu tahap persiapan (diberikan motivasi), tahap operasional (pembelajaran iqro dan buku) dan tahap evaluasi atau tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan keagamaan; minat baca; Al-Qur'an |
Subjects: | Islam > Da'wah Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Siti Ainun Maftuhah |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:49 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32138 |
Actions (login required)
View Item |