Persespsi masyarakat terhadap keberadaan Transmart Carrefour: Penelitian di masyarakat Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Maesaroh, Maesaroh (2017) Persespsi masyarakat terhadap keberadaan Transmart Carrefour: Penelitian di masyarakat Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat Kelurahan Palasari terhadap keberadaan Transmart Carrefour yang dulu pernah mengingkari janji-janji terhadap masyarakat yang memiliki lahan tanah yang akan dibeli untuk pembangunan Transmart Carrefour tersebut. Namun pembebasan lahan yang pernah dijanjikan kepada pihak Transmart Carrefour tidak merata, atau secara acak. Keberadaannya saat ini mendapat berbagai macam Persepsi baik positif maupun negatif dari berbagai kalangan Masyarat di Kelurahan Palasari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai bagaimana persepsi masyarakat di Kelurahan Palasari terhadap keberadaan Transmart Carrefour, bagaimana faktor yang mempengaruhi persepsi positif dan negatif masyarakat Kelurahan Palasari terhadap keberadaan Transmart Carrefour di Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori persepsi dimana Menurut Davidoff, persepsi bersifat individual yaitu persepsi dapat dikemukakan karena perasaan, kemampuan berpikir, pengalaman-pengalaman individu tidak sama, maka dalam mempersepsi sesuatu stimulus, hasil persepsi mungkin akan berbeda antar individu satu dengan individu lain. dan Teori pendukung yang digunakan pada penelitian ini adalah teori perubahan sosial Gillin dan Gillin. Dimana Gillin dan Gillin mengatakan “perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Palasari dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data berupa kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto atau dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara informan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Persepsi Masyarakat Kelurahan Palasari terhadap keberadaan Transmart Carrefour di Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung diterima dengan baik, walaupun pada awalnya pada saat proses pembangunannya pernah menimbulkan konflik antar beberapa warga dengan pihak Transmart Carrefour. Namun seiring berjalannya waktu warga dapat menerima keberadaannya. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi positif yaitu persepsi atau pandangan terhadap obyek dan menuju pada suatu keadaan dimana subyek yang mempersepsikan cenderung menerima obyek yang ditangkap karena sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Pusat Perbelanjaan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:46
Last Modified: 24 Jul 2020 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32151

Actions (login required)

View Item View Item