Bimbingan pranikah melalui living values education dalam upaya membentuk keluarga sakinah: Penelitian di BP-4 KUA Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Meizinati, Suci (2017) Bimbingan pranikah melalui living values education dalam upaya membentuk keluarga sakinah: Penelitian di BP-4 KUA Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan permasalahan yang berkenaan dengan permasalahan keluarga yang terjadi di masyarakat Panyileukan, dan ditemukannya suatu model dan materi yang berbeda dari biasa yang BP-4 KUA lainnya gunakan. Dalam hal ini ditemukan suatu metode Living Values Education yang merupakan pendidikan nilai dimana pendidik atau pembimbing berpartisipasi dalam penyadaran nilai-nilai yang ada pada diri individu. Metode tersebut dinilai telah sukses dalam upaya membentuk para calon pengantin dalam membina hubungan berkeluarga yang sakinah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui latar belakang digunakannya living values education di BP-4 KUA Panyileukan, (2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pranikah melalui living values education dalam upaya membentuk keluarga sakinah, dan (3) untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan bimbingan pranikah melalui living values education yang dilaksanakan di KUA Panyileukan. Penelitian ini bertolak dari teori bahwa bimbingan pranikah adalah upaya membantu calon suami istri oleh konselor professional sehingga mereka dapat berkembang dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya melalui cara-cara yang saling menghargai, toleransi, dan dengan komunikasi yang penuh pengertian sehingga tercapai motivasi berkeluarga, perkembangan kemandirian, dan kesejahteraan seluruh anggota keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu memberi gambaran mengenai fakta secara akurat sistematika tentang bimbingan pranikah melalui metode living values education dalam upaya membentuk keluarga sakinah. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Latar belakang digunakannya living values education di BP-4 KUA Panyileukan bermula dari pembimbing yang menemukan inovasi yang ternyata pendidikan karakter yang selama ini dipahami lebih bersifat berasal dari eksternal bukan dari internal. (2) Pelaksanaan bimbingan pranikah melalui living values education yang telah berjalan efektif yang dilaksanaan dalam beberapa tahapan dengan unsur-unsur pembimbing, terbimbing, metode, media dan materi yang lebih berfokus pada living values education. (3) Hasil dari pelaksanaan bimbingan pranikah melalui living values education dalam upaya membentuk keluarga sakinah tidak lepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat dan pelaksanaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh para calon pengantin dalam bekal untuk membentuk keluarga yang sakinah. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan pranikah melalui living values Education telah efektif di laksanakan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh calon pengantin dan pelaksanaan bimbingan pranikah di BP-4 sangat diperlukan untuk terus menerus dalam membina calon pengantin dalam upaya membentuk keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan pranikah; living value education; keluarga sakinah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:21
Last Modified: 24 Jul 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item