Respon jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendie dalam berdakwah: Studi deskriptif pada jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq Bumi Panyawangan Real Estate Cileunyi Kab. Bandung

Parwiyuliati, Wiwit (2017) Respon jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendie dalam berdakwah: Studi deskriptif pada jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq Bumi Panyawangan Real Estate Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)

Abstract

Dakwah merupakan jalan untuk menyebarkan dan mengajarkan nilai-nilai dan pemahaman agama Islam kepada setiap manusia. Adanya dakwah menjadi dampak yang positif setiap manusia untuk mengamalkan apa yang di perintahkan oleh Allah Swt. Akhlak, penampilan, kepribadian dan profesionalisme menopang kualitas dakwah yang akan atau sedang dilakukannya, dan menjadi ciri dari seorang dai. Seperti salah satu ustadz yang saat ini bisa di bilang lagi booming di kalangan anak muda, ibu-ibu, dan bapak-bapak yaitu Ustadz Evie Effendi. Ustadz Evie Effendi berdakwah menggunakan pakaian seperti celana berbahan jeans/cino, baju planel, sorban di leher dan kupluk. Perbedaan itulah yang menjadikan ustadz Evie berbeda dengan ustadz yang lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan respon dari masyarakat itu sendiri dengan hadirnya seorang ustadz yang tidak biasa seperti pada umumnya karena busana yang Ustadz Evie hadirkan dalam ceramah mengundang masyarakat untuk mengikuti kegiatan ceramahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian, pemahaman dan penerimaan jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendi dalam berdakwah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R yang terdiri dari Stimulus Organism dan Respon. Teori S-O-R sesuai dengan penelitian yang akan dikaji di mana teori ini mendasarkan asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas rangsangan. Teori S-O-R asal mula berasal dari psikolog kemudian menjadi juga teori komunikasi adalah sama yaitu manusia yang jiwanya meliputi komponen-komponen sikap opini perilaku kognisi afeksi dan konasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif penggunaan metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan secara jelas tentang respon jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq yang dilihat dari perhatian, pemahaman dan penerimaan terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendi dalam berdakwah. Berdasarkan hasil penelitian tentang respon jamaah Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendi dalam berdakwah adalah sebagai berikut : 1) Dari segi perhatian, dapat disimpulkan bahwa jamaah Masjid Abu Bakar As Siddiq memiliki respon tinggi terhadap gaya busana Ustadz Evie Effendi hal ini didasarkan dari beberapa indikator yang menyatakan jamaah memperhatikan gaya busana Ustadz Evie Effendi dalam berdakwah, 2) Dari segi pemahaman, dapat disimpulkan bahwa jamaah Masjid Abu Bakar Ash- Shidiq memberikan respon terhadap gaya busana Ustdaz Evie Effendi hal ini didasarkan dari beberapa indikator yang menyatakan bahwa pemahaman tentang gaya busana seorang ustadz dalam berdakwah tidak hanya memakai peci, sorban dan gamis saja, 3) Dari segi penerimaan, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar jamaah Masjid Abu Bakar as-siddiq mengikuti gaya busana Ustad Efendi seperti memakai kupluk dalam setiap kajian Ustadz Evie Effendi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya busana dakwah; Ustadz evie Effendi; berdakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:41
Last Modified: 27 Jul 2020 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32208

Actions (login required)

View Item View Item