Destination branding provinsi Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata: Studi deskriptif kualitatif pada dinas pariwisata dan kebudayaan provinsi Jawa Barat

Putriyansyah, Anggita Kusuma Pramudita (2020) Destination branding provinsi Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata: Studi deskriptif kualitatif pada dinas pariwisata dan kebudayaan provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (6_bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Destination branding merupakan sebuah konsep branding yang memiliki tujuan untuk membangun atau meningkatkan kualitas dari brand sebuah destinasi wisata. Jawa Barat merupakan Provinsi yang memiliki potensi dalam sektor pariwisata dan saat ini sedang aktif dalam mengembangkan sektor pariwisatanya, yaitu dengan cara melakukan destination branding dengan tujuan untuk mewujudkan tercapainya misi Jawa Barat yang ke empat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara 1). Tahapan rekomendasi analisis dan strategi pencarian pasar, 2). Tahapan pengembangan identitas brand, 3). Tahapan memperkenalkan brand dan mengkomunikasikan brand, 4). Tahapan implementasi brand, 5). tahapan monitoring, evaluasi, dan review. Penelitian ini didasarkan pada pemilihan konsep yang relevan dengan apa yang dibahas. Peneliti menggunakan lima tahapan dalam membentuk destination branding dari Morgan & Pritchard. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan interprektif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data primer dan data sekunder serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan pasif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat telah memenuhi lima tahapan destination branding yang diawali dengan, 1). tahapan rekomendasi analisis dan strategi pencarian pasar: mengidentifikasi kebutuhan pengunjung, menganalisa peluang pasar, dan menciptakann produk sesuai dengan permintaan pasar. 2). Tahapan pengembangan identitas: nama brand, logo brand dan tagline brand. 3). Tahapan memperkenalkan brand dan mengkomunikasikan brand: advertising, direct marketing, sales promotion dan public relation. 4). Tahapan implementasi brand: sosialisasi brand dan integrasi semua pihak yang terlibat. 5). Tahapan monitoring, evaluasi dan review brand. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat telah melakukan Destination Branding Provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Destination Branding; Komuniksi Pemasaran Pariwisata
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Anggita Kusuma Pramudita Putriyansyah
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:34
Last Modified: 27 Jul 2020 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32216

Actions (login required)

View Item View Item