Pembentukan opini publik melalui media sosial facebook dan instagram: Studi deskriptif pada bagian protokol dan komunikasi pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Subang

Sya'diah, Halimatus (2020) Pembentukan opini publik melalui media sosial facebook dan instagram: Studi deskriptif pada bagian protokol dan komunikasi pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pembentukan opini publik merupakan salah satu kegiatan humas dengan memanfaatkan penggunaan media. Media sosial Facebook dan Instagram, dengan karakteristik yang dapat menyampaiakan informasi dengan cepat dan menjangkau khalayak yang luas Bagian Prokompim Steda Kab.Subang merupakan divisi yang menjalankan humas pemerintah di Setda Kab.Subang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengkaji realitas bagaimana Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Subang membentuk opini publik melalui pengelolaan media sosial Facebook dan Instagram. Peneliti menggunakan konsep pola pembentukan opini publik menurut Cutlip, Center, dan Broom. Metode yang digunakan peneliti adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan paradigma kontruktisme. Peneliti menggunakan tekhnik wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data penelitian, dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat tahapan proses pembentukan opini publik melalui media sosial Facebook dan Instagram Bagian Prokompim Setda Kab.Subang yaitu: 1) Proses pembuatan berita melalui melalui tiga tim, dan isi berita fokus pada kepentingan publik, sehingga dapat menarik perhatian publik. 2) Proses pengeloaan media sosial Facebook dan Instagram dalam menyebarkan berita yang memerhatikan karakteristik dan memanfaatkan setiap fitur kedua media tersebut. 3) Proses menanggapi opini publik dan menyelesaikan isu negatif di media sosial facebook dan Instagram, dilakukannya koordinasi dengan pembuat kebijakan di Wilayah Pemerintah Kab.Subang. 4) Proses implementasi opini publik oleh Pemerintah Setda Kab.Subang, dengan melakukan penulusuran dan penyesuaian fakta lapangan dengan opini publik yang beredar di media sosial Facebok dan Instagram Bagian Prokompim Setda Kab.Subang. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya Bagian Prokompim Setda Kab.Subang telah melakukan proses pembentukan opini publik dengan memanfaatkan pengelolaan media sosial Facebook dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Opini Publik; Media Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Public Opinion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Halimatus Syadiah Halimah
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:43
Last Modified: 28 Jul 2020 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item