Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keterampilan muhadatsah pada mata pelajaran Bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas terhadap Siswa Kelas IV di MI Yapispa Kota Bandung

Akmalia, Yosi (2017) Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keterampilan muhadatsah pada mata pelajaran Bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas terhadap Siswa Kelas IV di MI Yapispa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari temuan permasalahan yang terjadi dalam mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Yapispa Kota Bandung, bahwa dalam proses pembelajaran masih terdapat berbagai kendala. Diantaranya yaitu guru kurang memberikan berbagai model sehingga pembelajaran menjadi monoton dan kebanyakan siswa tidak aktif. Hal ini mengakibatkan siswa malas untuk belajar, karena pembelajaran tidak menarik, susah dimengerti dan siswa pun kurang berminat mempelajari bahasa Arab, sehingga masih banyak siswa yang kemampuan dalam pembelajaran bahasa Arab dibawah standar ketuntasan minimal 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan muhadatsah siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab sebelum menggunakan model pembelajaran Time Token, penerapan melalui model pembelajaran Time Token, dan peningkatan keterampilan muhadatsah siswa setelah menggunakan model pembelajaran Time Token kelas IV MI Yapispa Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan muhadatsah siswa dapat meningkat diantaranya dengan penerapan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya yaitu model pembelajaran Time Token. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Time Token dalam mata pelajaran bahasa Arab diduga dapat meningkatkan keterampilan muhadatsah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan di kelas IV MI Yapispa Kota Bandung. Model pelaksanaan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Adapun analisis yang digunakan untuk mengolah data yaitu statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan muhadatsah siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Time Token. Berdasarkan hasil analisis data sebelum menggunakan model pembelajaran Time Token nilai rata-rata yang di peroleh siswa hanya 56,25 dengan dengan prosentase ketercapaian klasikal 20%. Setelah diterapkan model pembelajaran Time Token hasil yang diperoleh dalam observasi aktivitas guru pada siklus I 75% kategori aktif dan pada siklus II 96,43% kategori sangat aktif. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 57% kategori cukup aktif dan pada siklus II 86% kategori sangat aktif. Selanjutnya realitas keterampilan muhadatsah siswa setelah menggunakan model pembelajaran Time Token diperoleh nilai pada siklus I 67,25 dengan prosentase ketercapaian klasikal 52% kategori cukup, dan pada siklus II 83,25 dengan prosentase ketercapaian klasikal 86% kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan muhadatsah siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Yapispa Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran time token; muhadatsah; bahasa arab
Subjects: Arabic
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:47
Last Modified: 29 Jul 2020 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32242

Actions (login required)

View Item View Item