Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Periode 2009-2018.

Apriyani, Wina Wati (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat kembalian investasi. Investasi yang telah dilakukan perusahaan dari keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaan dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Return On Investment (ROI) diperusahaan dipengaruhi oleh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return On Investment (ROI) secara parsial. Seberapa besar pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) secara parsial. Dan seberapa pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) secara simultan. Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Periode 2009-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikan melalui uji t dan uji f. Current Ratio (CR) terlalu tinggi maka aktiva lancar untuk membayar hutang pun tinggi, dan Return On Investment (ROI) akan menurun karena aktiva lancar digunakan untuk membayar hutang sehingga perusahaan akan sedikit untuk mendapatkan laba dari aktiva lancar tersebut. Debt To Equity Ratio (DER) juga akan mempengaruhi Return On Investment (ROI) Debt To Equity Ratio (DER) yang tinggi akan berpengaruh terhadap Return On Investment (ROI) karena laba yang diperoleh perusahaan akan digunakan untuk membayar kewajibannya dibandingkan untuk menambah aktiva perusahaan. Berdasarkan hasil analisis secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dengan thitung sebesar 2,532, dan koefisien determinasi sebesar 44,5. Pada variabel selanjutnya Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dengan thitung sebesar -5,505 , dan koefisien determinasi sebesar 79,1. Kemudian secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan, dapat dilihat dari perolehan Fhitung > Ftabel yakni 18,163 > 4,74 dan koefisien determinasi sebesar 83,8 pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt To Equity Ratio (DER); dan Return On Investment (ROI).
Subjects: Econmics > Mathematical Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Wina Wati Apriyani
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:01
Last Modified: 30 Jul 2020 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item View Item