Peran bimbingan keagamaan terhadap akhlak Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH): Studi kasus di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra [BRSMP] Cileungsi-Bogor

Robiah, Neng Siti (2017) Peran bimbingan keagamaan terhadap akhlak Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH): Studi kasus di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra [BRSMP] Cileungsi-Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari maraknya kasus-kasus kejahatan yang terjadi di kalangan anak-anak atau di bawah umur. Anak nakal atau anak yang melakukan tindak kejahatan memiliki ahlak yang tidak baik dan kurang atau tidak mempunyai pengetahuan tentang agama. Untuk itu dipandang perlu adanya bimbingan kegamaan secara lahir maupun batin pada diri anak, agar dapat membantu memperbaiki prilaku lahir maupun batin mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran Akhlak Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (2) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan di Balai Rehabilitasi Sosial Marsdui Putra. (3) Peran Bimbingan Keagamaan Terhadap Akhlak Anak yang Berhadapan Dengan Hukum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Sumber data primer merupakan sumber data yang utama, diambil dari wawancara dengan pengurus Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra, pembimbing keagamaan dan Anak yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH), sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, arsip, dokumen resmi, studi dokumentasi dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan mengklasifikasikan data sesuai hasil teorinya yang telah diperoleh, mendeskripsikan setiap data yang dihimpun sesuai dengan klasifikasinya, menganalisis semua data dengan teknik content analisis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran anak yang berhadapan dengan hukum memiliki akhlak mazmumah atau akhlak yang tidak baik. Pelaksanaan bimbingan keagamaan ini berjalan baik dengan materi dan metode penyampaian yang terstuktur sistematis. Sehingga peran bimbingan keagamaan di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) ini memberikan dampak positif bagi akhlak atau budi pekerti anak yang berhadapan dengan hukum, baik ahlak terhadap Tuhan maupun terhadap sesama makhluk maupun terhadap lingkungan hidup. Ahlak terhadap Tuhan, seperti ABH semakin disiplin dalam mengerjakan ibadah kepada Allah SWT, semakin taat dalam mengerjakan ibadah dan kewajibannya selama di BRSMP rajin shalat berjamaah di masjid, sering melaksanakan puasa sunah, rajin mebaca al-Quran dan ABH menyesali atas perbuatannya yang salah di masa lalu dan berjanji tida akan mengulanginya lagi Adapun akhlak terhadap sesama makhluk seperti sikap sopan santun, hormat terhadap orang yang lebih tua, berprilaku ramah dan baik terhadap orang lain. Akhlak terhadap lingkungan hidup tercermin dengan selalu menjaga kelestarian lingkungan dan selalu taat mengerjakan piket bersih-bersih. Secara keseluruhan peran bimbingan keagamaan sangat berpengaruh terhadap akhlak anak yang menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan keagamaan; akhlak anak; perilaku sosial; hukum anak
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Aug 2020 01:28
Last Modified: 04 Aug 2020 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32341

Actions (login required)

View Item View Item