Pengaruh tingkat inflasi dan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah pada PT Bank Syariah Mandiri, Tbk.

Rismawati, Rismawati (2017) Pengaruh tingkat inflasi dan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah pada PT Bank Syariah Mandiri, Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa terdapat faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap penghimpunan dana pihak ketiga (DPK3) berupa deposito mudharabah muthlaqah pada bank syariah. Inflasi merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tingkat deposito mudharabah muthlaqah karena inflasi akan mengakibatkan berkurangnya pendapatan riil masyarakat sehingga menyebabkan kemampuan untuk berinvestasi menjadi berkurang. Nisbah bagi hasil deposito mudharabah adalah faktor internal yang dapat mempengaruhi tingkat deposito mudharabah muthlaqah karena apabila nisbah bagi hasil deposito mudharabah tinggi maka penghimpunan DPK3 dalam bentuk deposito mudharabah muthlaqah akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh tingkat inflasi terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah, (2) menganalisis pengaruh tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah, dan (3) menganalisis pengaruh tingkat inflasi dan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah. Peneltian ini menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan per triwulan tahun 2013-2015 dan data Inflasi periode 2013-2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 16.0 dan microsoft excel 2007 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat inflasi terbukti secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah sebesar -0,089, artinya, tingkat korelasinya sangat rendah. Sedangkan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terbukti secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah sebesar 0,601, artinya, tingkat korelasinya kuat. Secara simultan tingkat inflasi dan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah terbukti berpengaruh positif signifikan sebesar 0,627, artinya, tingkat korelasinya kuat, sementara koefisien determinasi atau besarnya kontribusi dengan tingkat signifikansi 5% adalah berpengaruh positif tidak signifikan sebesar 39,3% sedangkan sisanya sebesar 60,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Uji F menunjukan bahwa Fhitung < Ftabel atau 2,915 < 4,26, artinya, H3 diterima yaitu secara simultan tingkat inflasi dan tingkat nisbah bagi hasil deposito mudharabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat deposito mudharabah muthlaqah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: deposito mudharabah muthlaqah; inflasi; nisbah bagi hasil
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:05
Last Modified: 04 Aug 2020 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32348

Actions (login required)

View Item View Item