Pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem indera

Novianti, Nevi (2017) Pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem indera. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh temuan bahwa dalam pembelajaran biologi di sekolah siswa sulit mengungkapkan pendapat dan memahami materi dengan mudah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera dengan menggunakan metode hypnoteaching. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental desain dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI IPA 1 menggunakan metode hypnoteaching berjumlah 33 siswa dan XI IPA 2 tanpa menggunakan metode hypnoteaching berjumlah 34 siswa. Rata-rata nilai pretest siswa tanpa menggunakan metode hypnoteaching sebesar 36,17 dan posttest 78,26, sedangkan yang menggunakan metode hypnoteaching diperoleh pretest 38,36 dan posttest 81,65. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 94% dan aktivitas siswa 91%. Rata-rata respon siswa diperoleh nilai 94%. Hasil uji t nilai posttest diperoleh t_hitung 3,35 > t_tabel 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran hypnoteaching berpengaruh positif terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem indera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hypnoteaching; berpikir kritis; sistem indera
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:33
Last Modified: 05 Aug 2020 01:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item