Nurkomalasari, Nurkomalasari (2017) Pengembangan courseware multimedia interaktif berorientasi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Konsep sifat koligatif larutan merupakan konsep yang berkaitan dengan gejala-gejala kimia dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk mempelajari konsep ini diperlukan keterampilan berpikir kritis yang membuat siswa aktif dan terampil menganalisis, mencari solusi dan mengevaluasi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tahapan pembuatan dan nilai kelayakan courseware multimedia interaktif berorientasi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada langkah-langkah yang dilakukan oleh Haryati yang kemudian dimodifikasi. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi analisis konsep sifat koligatif larutan, perancangan, dan pengembangan. Tahap pengembangan terdiri dari tahap pembuatan dan tahap uji kelayakan. Uji kelayakan dilakukan untuk melihat kualitas produk dan umpan balik berupa saran perbaikan. Hasil uji kelayakan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang telah dilakukan oleh dosen ahli bidang kimia dan dosen ahli bidang media, diperoleh rhitung rata-rata 0,85 yang berarti courseware multimedia interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan yang berorientasi keterampilan berpikir kritis. Hasil uji coba terbatas dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan kimia yang menunjukkan tanggapan baik terhadap multimedia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | courseware multimedia interaktif; keterampilan berpikir kritis; sifat koligatif larutan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 01:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32384 |
Actions (login required)
View Item |