Penerapan metode pembelajaran market place activity melalui media flipchart dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII I SMPN 1 Kutawaluya Kab. Karawang

Fathurrohmah, Feni (2017) Penerapan metode pembelajaran market place activity melalui media flipchart dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII I SMPN 1 Kutawaluya Kab. Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Kutawaluya Kabupaten Karawang menunjukkan bahwa dalam penyampaian pembelajaran PAI guru tidak menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif sehingga siswa cepat bosan, keadaan ini tentu saja mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang kebanyakan mengobrol dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat proses pembelajaran berlangsung sehingga pembelajaran ini tidak berjalan secara maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan Market Place Activity Melalui media Flip chart sebagai metode dan media pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Tujuan penggunaan metode pembelajaran Market Place Activity Melalui media flipchart adalah untuk: 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum menggunakan Metode Market Place Activity Melalui Media Flip Chart 2) Untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan Metode pembelajaran Market Place Activity Melalui Media Flip Chart dan 3) Untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan Metode pembelajaran Market Place Activity Melalui Media Flip Chart. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penggunaan metode pembelajaran Market Place Activity Melalui media flipchart memungkinkan siswa mengalami suasana belajar yang menyenangkan sehingga asumsi tersebut dirumuskan dalam sebuah hipotesis tindakan bahwa penggunaan metode pembelajaran Market Place Activity Melalui media flip chart diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap Mata pelajaran PAI di SMP 1 Negeri Kutawaluya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII I SMPN 1 Kutawaluya Kabupaten Karawang dengan jumlah siswa 37 yang terdiri dari 19 perempuan dan 18 laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Minat belajar siswa sebelum menggunakan metode Market Place Activity nilai rata-rata adalah 49,69 dengan kategori sedang 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Market Place Activity mengalami perubahan ke arah lebih baik hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang mengalami peningkatan, siklus I aktivitas siswa 63% dengan kategori Baik, aktivitas guru 76% dengan kategori baik. Siklus II aktivitas siswa 89% dan aktivitas guru 95% dengan kategori sangat baik 3) Minat belajar siswa setelah menggunakan metode Market Place Activity mengalami peningkatan ke arah lebih baik, pada siklus I nilai rata-rata 68,61 dengan kategori baik. Siklus II nilai rata-rata 80,43 dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran market place activity; media belajar; minat belajar; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:22
Last Modified: 05 Aug 2020 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item