Analisis penyusutan dengan metode saldo menurun ganda (double declining method) pada aset tetap di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung

Nurparidah, Santi (2017) Analisis penyusutan dengan metode saldo menurun ganda (double declining method) pada aset tetap di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penyusutan (depreciation) adalah metode pembebanan atas biaya pembelian awal suatu aset fisik selama masa manfaatnya masih ada. Tetapi pada kenyataannya, ada beberapa kendala dalam menyajikan hasil penyusutan aset tetap yaitu nilai kewajaran saat timbulnya biaya sebagai akibat dari alokasi sebagian harga perolehan aset tetap yang dilakukan selama umur kegunaannya. Biaya penyusutan menjadi tidak wajar saat terjadi ketidaksesuaian dengan penggunaan suatu aset tetap, karena biasanya pemakaian di akhir periode akan semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya penyusutan aset tetap pada kantor kementerian agama kota bandung dengan membandingkan metode perhitungan yang sudah digunakan dengan metode perhitungan yang akan peneliti lakukan untuk mendapatkan nilai kewajaran beban penyusutan aset tetap yang akan disajikan dalam laporan keuangan. Penulis menggunakan teori Menurut PSAK No. 16 (2009:124) dan Warren, dkk (2008:10) serta dalam BULTEK O5 tentang Akuntansi Penyusutan dalam melakukan perhitungan penyusutan aset tetap dimana metode perhitungan penyusutan yang dapat digunakan yaitu: 1) Metode garis lurus (straight line method), dan 2) Metode saldo menurun (double declining method). Penulis menggunakan pendekatan kualitatif-verifikatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Verifikatif. Strategi analisis data kualitatif-verifikatif merupakan sebuah upaya analisis induktif terhadap data penelitian yang dilakukan pada seluruh proses penelitian yang dilakukan dan bermaksud untuk mengetahui makna yang tersembunyi di balik fenomena yang ada di lokasi penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisa data mengenai analisis penyusutan aset tetap yang dilakukan terlihat perbedaan nilai aset tetap antara metode garis lurus dengan metode saldo menurun ganda. Total akumulasi penyusutan pada tahun 2017 dalam metode garis lurus senilai Rp 21,933,000.00 sedangkan dalam metode saldo menurun ganda total akumulasi penyusutan pada tahun 2017 adalah Rp 20,886,242.35. Untuk Nilai Buku dalam metode garis lurus pada tahun 2017 total nya adalah Rp 2,695,000.00 sedangakn nilai buku dengan menggunakan metode saldo menurun ganda adalah Rp. 3,741,757.65.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penyusutan aset tetap; metode garis lurus; metode saldo menurun ganda
Subjects: Financial Economics, Finance
Public Administration
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:34
Last Modified: 05 Aug 2020 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32395

Actions (login required)

View Item View Item