Hak-hak anak dalam islam: Telaah terhadap penafsiran Sayyid Quthb dalam tafsir Fi Zhilalil Quran dan Wahbah Zuhaili dalam tafsir Al-Wasith

Septhiani, Inge Helen (2019) Hak-hak anak dalam islam: Telaah terhadap penafsiran Sayyid Quthb dalam tafsir Fi Zhilalil Quran dan Wahbah Zuhaili dalam tafsir Al-Wasith. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Islam memberikan perhatian yang sangat istimewa terhadap anak. Beragam konsepsi tentang anak yang termaktub dalam alquran, seperti ayat tentang hak hidup bagi anak, hak untuk mendapatkan perlindungan secara menyeluruh, hak mendapatkan pemberian nama, hak anak mendapatkan asi hingga hak mendapatkan waris. Sebagai pembatas kajian, penelitian ini menganalisis hak anak dalam islam kajian tafsir fii zhilalil quran dan al-wasith. Dalam penelitian ini penulis merumuskan pertanyaan. Bagaimana penafsiran sayyid quthb dalam tafsir fi zhilalil quran dan wahbah az zuhaili dalam tafsir al wasith serta bagaimana perbedaan kedua penafsiran mufasir tersebut. Hal ini untuk mengetahui bagaimana gambaran anak dalam islam. Untuk menjawab perumusan masalah di atas. Penulis menggunakan penelitian bersifat kualitatif, yang berbentuk library research (penelitian kepustakaan). Metode tafsir di gunakan untuk menggali kandungan makna ayat. Dengan merujuk pada dua sumber yaitu sumber primer sperti alquran, tafsir fii zhilalil quran, tafsir alwasith, dan sumber sekunder, sperti buku2,jurnal, dan google book yang relevan dengan penelitian ini. Data yang di peroleh dari hasil penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan konten analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja hak2 anak dalam islam menurut penafsiran sayyid qutb dan wahbah azzuhaili. Setelah dilakukan penelitian dan analisis, penelitian ini menghasilkan bahwa hak- hak anak dalam islam telaah tafsir fii zhilalil quran dan alwasith sangatlah di junjung tinggi, seperti pada surat albaqarah ayat 233, tentang pemberian asi dan wajib nya orang tua memberi nafkah. Surat al an'am 140 tentang hak anak untuk hidup. Surat at tahrim ayat 6 tentang hak mendapatkan perlindungan dari siksa neraka. Surat an-nisa ayat 11 tentang pemberian waris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tafsir; sayyid qutb; wahbah az-zuhaili; tafsir fi zhilalil quran; tafsir al-wasith; hak-hak anak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Inge Helen Septhiani
Date Deposited: 06 Aug 2020 01:32
Last Modified: 06 Aug 2020 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item