Pengaruh Dividen Per Share dan Earning Per Share terhadap Return Saham pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di Pt. Astra Otoparts Tbk. periode 2009-2018)

Novarianto, Elan (2020) Pengaruh Dividen Per Share dan Earning Per Share terhadap Return Saham pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di Pt. Astra Otoparts Tbk. periode 2009-2018). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Setiap investasi tentu mengharapkan keuntungan/hasil, baik untuk perusahaan, individu, dan institusi dari hasil kebijakan investasi yang dilakukan. Istilah keuntungan/hasil dalam investasi saham tersebut dikenal dengan Return Saham. Dalam memprediksi Return Saham dimasa yang akan datang dapat dilakukan dengan analisis faktor yang mempengaruhi Return Saham, faktor yang pertama yaitu Dividen Per Share yang menggambarkan persentasi laba perusahaan yang dibayarkan kepada pemegang saham biasa perusahaan berupa dividen kas. Faktor yang kedua yaitu Earning Per Shaare yang mengambarkan seberapa besar keuntungan (Return) yang diperoleh dari investor atau pemegang saham per lembar saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dividen Per Share secara parsial terhadap Return Saham pada PT. Astra Otoparts Tbk; untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share secara parsial terhadap Return Saham pada PT. Astra Otoparts Tbk; untuk mengetahui pengaruh Dividen Per Share dan Earning Per Share secara simultan terhadap Return Saham pada PT. Astra Otoparts Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data dari laporan keuangan PT. Astra Otoparts Tbk. periode 2009-2018. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi Person Product Momen (PPM), analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Dividen Per Share berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return Saham yaitu sebesar 16,43% dengan uji t sebesar 1,254 < 2,306 dan tingkat korelasi sebesar 0,405. Sedangkan secara parsial Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham yaitu sebesar 74,6% dengan uji t sebesar 4,886 > 2,306 dan korelasi sebesar 0,865. Secara simultan Dividen Per Share dan Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham sebesar 83,9% dengan uji f sebesar 18,245 > 4,74 dan korelasi sebesar 0,916.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dividen Per Share; Earning Per Share; Return Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Elan Novarianto
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:13
Last Modified: 06 Aug 2020 06:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32420

Actions (login required)

View Item View Item