Kualitas pelayanan rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun 2020

Damayanti, Wulan (2020) Kualitas pelayanan rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas dalam pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat sebagai tempat perawatan rujukan atau lebih lanjut. Berdasarkan hasil prasurvei, pelayanan yang diberikan petugas lama dikarenakan dokternya terlambat datang serta kurangnya alat kesehatan sehingga pasien yang membutuhkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka harus dirujuk ke rumah sakit lain serta kompetensi tenaga kesehatannya juga belum optimal dikarenakan kurangnya dokter spesialis serta pendidikan perawatnya kebanyakan D3 dibanding S1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu kualitas pelayanan. Teori yang digunakan adalah teori Zheithaml dalam Hardiansyah, 2018: 57 yang terdiri atas sepuluh dimensi yaitu bukti fisik, reabilitas, responsivitas, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, akses, komunikasi, dan pengertian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bukti fisik belum baik yaitu kurang lengkapnya alat kesehatan dikarenakan keterbatasan dana serta kurangnya peta lokasi ruangan untuk poli mata. Reabilitas atau keandalan cukup baik dikarenakan jumlah dokter dan alat kesehatan belum sesuai dengan kebutuhan pasien yang heterogen serta belum optimalnya pemberian leaflet atau informasi pendaftaran online. Responsivitas cukup baik dikarenakan masih ada beberapa dokter yang terlambat sebab mendahulukan pasien yang gawat darurat serta waktu tunggu di apotek lama sebab kekurangan tenaga farmasi. Kompetensi cukup baik dikarenakan kompetensi dokter masih kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan pasien dengan berbagai kasus, diklat masih belum maksimal dikarenakan kendala anggaran serta terkadang dokter datang terlambat dikarenakan ada jadwal operasi. Kesopanan cukup baik dikarenakan masih ada pengaduan dari masyarakat terkait sikap petugas yang kurang memuaskan dalam melayani pasien. Kredibilitas baik dikarenakan sudah terakreditasi paripurna namun untuk kepastian waktu pelayanan dokter masih kurang. Keamanan baik dikarenakan mampu menindaklanjuti pasien yang gawat darurat, memberikan kalung risiko jatuh, memberikan edukasi dan menandatangani lembar persetujuan antara pasien dan dokter sebelum diberikan tindakan, serta adanya satpam walaupun dari segi jumlah masih kurang. Akses cukup mudah dikarenakan untuk pendaftaran online dan leafleat masih ada beberapa pasien belum mengetahui. Komunikasi belum efektif dikarenakan masyarakat kekurangan informasi perihal pelayanan. Pengertian sudah cukup baik dikarenakan petugas bekerja sesuai dengan motto RSUD Cicalengka, walaupun masih ada pasien yang harus dirujuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik; Pelayanan Kesehatan; Kualitas Pelayanan Publik;
Subjects: Specific Field of Public Administration
Specific Field of Public Administration > Administration of Health Services
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Medical Service Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Wulan Damayanti
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:12
Last Modified: 10 Aug 2020 06:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32424

Actions (login required)

View Item View Item