Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Return On Equity (RoE) pada PT. Bank Syariah Bukopin Tahun 2006-2015

Muti'ah, Eva Umul (2017) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Return On Equity (RoE) pada PT. Bank Syariah Bukopin Tahun 2006-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangioleh dugaan bahwa secara teoritis Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE). Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian seberapa besar Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE). Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Unutuk mengetahui pengaruh CAR secara parsial pada PT. Bank Syariah Bukopin, (2) Untuk mengetahui pengaruh FDR secara parsial pada PT. Bank Syariah Bukopin dan (3) Untuk mengetahui pengaruh CAR dan FDR terhadap ROE secara simultan pada PT. Bank Syariah Bukopin. Kerangka berfikir dalam penelitian ini menjelaskan Capital Adequacy Ratio (CAR) memperliatkan seberapa jauh seluruh aktiva bank yang mengandung risiko ikut dibiayai dari dana modal sendiri. Financing To Deposit Ratio (FDR) seberapa jauh kemampuan bank dalam membayar kembali penarikan dana yang dilakukan deposan. Return On Equity (ROE) memperlihatkan bahwa kemampuan bank menghasilkan keuntungan secara relatif dibandingkan dengan nilai total modal sendirinya. Metode yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari www.syariahbukopin.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi berganda, korelasi, korelasi berganda, determinasi, uji t dan uji f. Hipotesis penelitian ini sebagai dugaan sementara yang digunakan sebelum dilakukannya penelitian dalam hal pendugaannya dengan menggunakan statistika untuk menganalisisnya. Adapun hipotesis yang diajukan bahwa semakin tinggi nilai CAR dan FDR, maka ROE akan meningkat. Hasil penelitian ini menyimpulkan : 1) Perkembangan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Equity (ROE); 2) Perkembangan Financing to Deposit Ratio terhadap Return On Equity (ROE). Pengaruh CAR terhadap ROE sebesar -0,148. Pengaruh FDR terhadap ROE sebesar 0,506. Pengaruh CAR dan FDR terhadap ROE, setiap CAR dan FDR naik 1% maka ROE akan mengalami perubahan sebesar -115,882%, Nilai F_hitung ≥〖 F〗_tabel, atau 6,705 ≥ 4,74 yang berarti tolak Ho artinya signifikan. Dimana ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara CAR dan FDR terhadap ROE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: capital adequacy ratio; financing to deposit ratio; return on equity; bank syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2020 08:01
Last Modified: 06 Aug 2020 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32438

Actions (login required)

View Item View Item